AMF Tetap Rutin Jalankan Program Livelihood di Muara Labuh dengan Menjaga Protokol Kesehatan

Picture1

(sumber foto : dokumen AMF)

PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berlangsung dari bulan Juli hingga saat ini. PPKM memang terfokus pada Jawa Bali, akan tetapi protokol kesehatan di masyarakat Masyarakat Muara Labuh juga sangat diperhatikan. Pada 23-29 Juli 2021, AMF melakukan kegiatan berkaitan dengan kelembagaan koperasi, pendampingan APPT, koordinasi dengan mitra, dan pendampingan usaha PAP (project affected people).

Program Livelihood di Muara Labuh berjalan dengan baik dan progresif. Program kelembagaan koperasi saat ini sampai pada izin usaha. Pada akhir bulan Juli, AMF bersama mitra strategis, Supreme Energy melakukan koordinasi dengan dinas untuk perizinan tersebut. Berkas dan dokumen tengah disiapkan untuk mendapat izin usaha dari dinas terkait. Tidak hanya itu, AMF juga berupaya meningkatkan fasilitas koperasi dengan memasang instalasi listrik, mengadakan meja kursi, dan buku-buku administrasi pada kantor koperasi.

Beralih ke program yang diterapkan pada Area Percontohan Pertanian Terpadu atau APPT. Kegiatan yang dilakukan di area ini adalah pengembangan tanaman pertanian dan budidaya ikan. Pada akhir Juli ini, dilakukan pemeliharaan kolam budidaya ikan yakni dengan pengurasan secara berkala. Tak hanya itu, tanaman sayuran yang ada di area percontohan seperti bawang merah, kopi, padi, dan sebagainya juga dipantau kondisinya.

Picture2

Area Percontohan Pertanian Terpadu (sumber foto : dokumen AMF)

Pendekatan personal juga dilakukan AMF dalam menjalankan programnya, seperti program pendampingan usaha PAP (Project Affected People). AMF terjun langsung ke masyarakat binaan yang mendapat dukungan untuk menjalankan usaha. Pada kesempatan ini, AMF mengunjungi salah satu PAP yang memiliki usaha dalam bidang pertanian. AMF berperan sebagai konsultan usaha terkait dengan teknis pembuatan pupuk dan pestisida organik, teknis budidaya tanaman bawang, dan

Baca Juga : Peluang dan Tantangan Dalam Pengembangan Energi Terbarukan: Kontribusi Industri Panel Surya

AMF bersama Supreme Energy menjaga sinergi dalam menjalankan program-program terbaiknya. Hal ini diwujudkan dengan koordinasi secara rutin. Koordinasi yang dilakukan pada bulan Juli ini membahas rencana penggarapan sawah APPT dengan sistem baru, pengembangan sayuran yang ada di APPT, pembenahan ruang sekretariat koperasi, dan pelibatan anggota koperasi dalam pemeliharaan lahan di sekitar APPT.

Pada masa pandemi yang belum mereda ini, AMF bersama Supreme Energy tetap mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat dan lingkungan di Muara Labuh. Tanpa mengesampingkan kesadaran akan pentingnya kesehatan tim dan masyarakat, AMF tetap menjalankan program dengan baik demi mencapai visinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *