Anwar Muhammad Foundation

Anwar Muhammad Foundation atau AMF adalah organisasi berbadan hukum yayasan yang didirikan pada tahun 2011 oleh Alizar Anwar, Aldi Muhammad Alizar, dan Alia Alizar yang memiliki passion dan pengalaman profesional di bidang pengembangan praktik pembangunan berkelanjutan. Para penggagas AMF merupakan sebuah keluarga yang terdiri dari ayah dan anak, yaitu Alizar Anwar sebagai ayah dari Aldi Muhammad Alizar dan Alia Alizar.  Di dalam keluarga, Alizar Anwar sejak dini telah menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial berdasarkan nilai-nilai agama yang kuat sehingga Aldi Muhammad Alizar dan Aliya Alizar tumbuh sebagai putera-puteri yang memiliki tujuan hidup untuk menjadi manusia yang taat beragama dan berguna bagi sesamanya.

Alizar Anwar, Aldi Muhammad Alizar, dan Alia Alizar senantiasa gigih dalam belajar ilmu pengetahuan agama, keilmuan dan keahlian yang dapat mendukung pekerjaan sehari-harinya. Dengan berbekal pengalaman kerja masing-masing, pada tahun 2011 Alizar Anwar yang telah memasuki masa pensiun sebagai pegawai negeri sipil bersama dengan Aldi Muhammad Alizar dan Alia Alizar, yang keduanya memutuskan berhenti dari tempat kerjanya untuk berkarir secara mandiri, mendirikan AMF yang kegiatan utamanya fokus dalam mewujudkan cita-cita pengembangan praktik pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Dalam perjalanannya AMF mendapat dukungan dari berbagai profesional antara lain DR. Anas Nikoyan, Prof. DR. Darmawan Salman dan Muhammad Subhan sebagai dewan penasihat, dan beberapa tenaga ahli profesional lainnya yang telah berpengalaman sebagai konsultan internasional terkemuka, seperti Environmental Resource Management (ERM), AECOM, dan Golder Associates. Para profesional ahli di berbagai bidang konsultasi lingkungan, pembangunan berkelanjutan, pelibatan publik, dan sosial ekonomi ini bergabung dalam AMF untuk membangun sumber daya manusia AMF menjadi lebih solid dan berkompeten.

Sambutan Ketua Dewan Pembina

Tidak ada yang lebih membahagiakan melihat kiprah perjalanan Anwar Muhammad Foundation (AMF), organisasi yang saya bangun dan rintis bersama kedua anak saya, Aldi Muhammad Alizar dan Alia Alizar dari tahun 2011 hingga pencapaiannya sampai dengan saat ini. Perjalanan panjang AMF yang dibantu oleh pakar-pakar di bidang sosial, ekonomi dan lingkungan untuk menjalankan program-program yang memberikan dampak berkelanjutan telah memperlihatkan bahwa kegigihan dan niat baik dalam membangun negara, masyarakat dan lingkungan yang lebih baik mampu membuat AMF semakin dikenal sebagai organisasi terdepan dalam memajukan pembangunan dan pengembangan penghidupan yang berkelanjutan dan termasuk di dalamnya keterlibatan pemangku kepentingan.

Saya mempercayai sepenuh hati bahwa kehadiran kita harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu dalam bekerja dan berkarya dalam bidang apapun perlu diteguhkan niat dari awal bahwa hal baik apapun yang kita lakukan adalah semata-mata memberikan manfaat kepada sesama dan lingkungan. Hal tersebut juga yang saya tanamkan dalam AMF dan menjadi budaya organisasi dan tentunya kepada kedua anak saya yang bersama-sama membangun AMF dari awal pendiriannya.

Nilai lain yang menjadi fondasi organisasi AMF dan juga ditanamkan dalam keluarga adalah bahwa hari besok harus lebih baik daripada hari ini, dan oleh karena itu AMF sebagai organisasi harus mampu melihat perubahan-perubahan untuk perbaikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. Manajemen perubahan secara berkala dipelajari dan diterapkan dalam kerangka berpikir karyawan dan tim ahli AMF kemudian dilanjutkan ke dalam proses kerja dan cara bekerja di AMF.

Saya mendukung penuh dengan mengawal langsung pembuatan Profil Berkelanjutan (Sustainability Report) AMF yang berdasarkan kaidah penulisan dari Global Reporting Initiative/GRI). Standar GRI yang digunakan AMF dalam penulisan Profil Berkelanjutan ini adalah standar yang diterapkan dan diakui secara internasional. Kecenderungan korporasi untuk memenuhi ketentuan nasional dan internasional dalam praktik bisnis yang menjalankan tata kelola perusahaan dengan memperhatikan dampak ekonomi, lingkungan, sosial dan pembangunan mata pencarian berkelanjutan, menjadikan AMF sebagai organisasi yang dipilih sebagai mitra strategis.

Akhir kata, dengan dibuatnya Profil Berkelanjutan AMF tahun 2019 yang merupakan pertama kalinya dibuat berdasarkan standar GRI ini dapat memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada para pemangku kepentingan tentang kegiatan, program dan organisasi AMF. Sehingga para klien dan mitra kami dapat menjalin kerjasama, berkolaborasi dalam berbagai program yang memiliki dampak positif berkelanjutan dengan cakupan area dan bidang usaha bisnis yang lebih luas lagi.

 

Alizar Anwar

Dewan Pengawas Anwar Muhammad Foundation

Sambutan Dari Chairman

Selama sembilan tahun sejak didirikan pada awal tahun 2011, Anwar Muhammad Foundation atau disebut juga dengan AMF telah berupaya untuk menjadi organisasi nirlaba yang mendedikasikan dirinya menjadi bagian penting untuk mengubah dan meningkatkan masyarakat dan negara menjadi lebih baik. AMF yang berbadan hukum Yayasan, memiliki visi untuk menjadi yayasan yang terkemuka dalam memajukan pengembangan penghidupan yang berkelanjutan dan pelibatan pemangku kepentingan.

AMF selama ini membantu baik pemangku kepentingan swasta maupun pemerintah dalam mengembangkan dan mengintegrasikan praktik bisnis dan program pembangunan ke dalam kebijakan dan tata-kelola keberlanjutan perusahaan dan institusi sesuai dengan peraturan nasional dan kepatuhan internasional. Berbagai upaya telah kami lakukan sebagai pengurus Yayasan dalam memenuhi visi yang ditetapkan, kami secara komprehensif memberikan layanan konsultasi pengembangan mata pencaharian berkelanjutan. Kami membantu sektor swasta untuk menerapkan dan mengintegrasikan praktik terbaik dari Keberlanjutan Korporasi ke dalam proses bisnis di Indonesia.

Pembangunan proyek, baik yang dilakukan oleh Pemerintah atau sektor swasta, sering tidak dapat terhindar dari dampak negatif terhadap lingkungan dan sosial, terutama dapat menyebabkan hilangnya sumber mata pencaharian bagi masyarakat (skala rumah tangga) yang terkena dampak Proyek. Di sisi lain, dalam pandangan peraturan nasional dan internasional, inisiator proyek wajib memiliki program dan melakukan berbagai upaya untuk menghindari kerusakan lingkungan, konflik sosial, dan kesulitan jangka panjang yang parah terhadap masyarakat setempat. Kami hadir melalui proses konsultasi proyek pengelolaan dampak lingkungan dan sosial yang dilakukan melalui perencanaan secara terukur, tepat sasaran dan hati-hati.

Dalam memenuhi kewajiban pemangku kepentingan untuk melakukan mitigasi lingkungan serta dampak sosial untuk mengurangi dan merehabilitasi dampak negatif proyek terhadap lingkungan dan masyarakat setempat, AMF bersama dengan berbagai pemangku kepentingan bekerja sama dengan klien atau mitra untuk memastikan perbaikan atau setidaknya memulihkan kondisi sosial dan ekologi.

Tim kami memiliki pemahaman yang utuh dan luas dalam berbagai pembangunan proyek berkelanjutan yang juga dibarengi dengan kepemimpinan yang kuat dalam memahami seluruh spektrum lingkungan dan dampak sosial, masalah, risiko, dan manajemen. Ditambah dengan kepekaan dan kepedulian terkait kearifan lokal, kami mampu memberikan pelayanan bermutu dengan mengacu pada peraturan yang berlaku dan standar kepatuhan internasional, berkomitmen untuk menyediakan layanan yang konsisten, serta profesional dan berkualitas tinggi dengan solusi inovatif.

Sebagai lembaga yang bergerak dalam kegiatan usaha di bidang lingkungan, masalah sosial dan mata pencaharian berkelanjutan, kami yang terdiri dari berbagai tenaga ahli berpengalaman baik di organisasi nasional maupun internasional senantiasa berusaha memberikan layanan yang terbaik melebihi harapan para klien dan mitra. Tentunya upaya tersebut didukung dengan pengalaman mengerjakan pekerjaan dan proyek di banyak wilayah di Indonesia untuk berbagai industri termasuk industri energi terbarukan dan pertambangan, minyak serta gas yang menjadi andalan bisnis kami. Keterlibatan tim kami mencakup spektrum sejak eksplorasi sampai proses pra-startup, hingga kinerja operasional dan penutupan atau decomisioning. Saat ini kami telah membantu perusahaan dengan usaha baru dan perbaikan operasional dalam berbagai proyek di  wilayah Indonesia.

Atas dasar inilah, kami percaya bahwa profil keberlanjutan ini dapat menjadi sebuah jendela untuk mengenal usaha dan kegiatan kami secara lebih dekat, sekaligus membuktikan bahwa kami mengedepankan keyakinan yang kami percayai bahwa tindakan berbagi penciptaan nilai melalui kolaborasi akan memberikan manfaat dan dampak positif berkelanjutan.

Melalui profil keberlanjutan pertama ini, kami pun berkomitmen untuk memperbaiki setiap proses bisnis secara berkesinambungan, dan senantiasa menuliskannya di dalam profil berkelanjutan untuk periode mendatang. Kami menerima masukan dan saran dari para pembaca laporan ini, karena kami ingin terus berkembang, menjadi terdepan, dan berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

 

Aldi Muhammad Alizar

Chairman

Tim AMF

Alizar Anwar MBA

Dewan Pembina

Dr. Anas Nikoyan

Dewan Penasihat

Alia Alizar

Dewan Penasihat

Aldi Muhammad Alizar

Chairman

Aldi memiliki kerangka strategis dalam mendukung kualitas pembangunan berkelanjutan dan keterlibatan pemangku kepentingan adalah melalui (i) ketersediaan kebijakan yang memadai dan prosedur pendukungnya, (ii) keberadaan organisasi yang spesifik dan kuat sebagai katalis, dan (iii) kesiapan finansial dan sumber daya manusia. Kerangka strategis ini disusun melalui latar belakang pendidikan dan karir profesionalnya dengan organisasi pembangunan internasional (seperti UNDP Indonesia), perusahaan konsultan nasional dan internasional (seperti Townland International, Golder Associates, AECOM Environment dan ERM) dan Medco Energi Internasional.

Aldi menerapkan bakat kewirausahaan dan kepemimpinannya untuk merevitalisasi dan / atau mendirikan organisasi dan / atau divisi dan departemen. Dari tahun 2010 hingga 2013, Aldi adalah Ketua Tim dari Unit Konsultasi Sosial yang terdiri dari lebih dari 10 anggota tim multi-talenta dan terampil di ERM Indonesia. Sejak 2013 hingga 2017, Aldi mengintegrasikan sistem manajemen keberlanjutan ke tingkat Proyek, tingkat Unit Bisnis dan ke tingkat Korporasi di Medco Energi Internasional.

Fikri Amarillo Adiprana

Tenaga Ahli Muda

Fikri adalah seorang lulusan Teknik Planologi ITB dan saat ini sedang mengenyam pendidikan Magister Studi Pembangunan pada almamater yang sama. Fikri memiliki pengalaman dalam penelitian lapangan dan penyusunan laporan antara serta laporan akhir untuk kegiatan penilaian dampak sosial-lingkungan, salah satunya adalah studi rencana pembangunan Pelabuhan Benoa di Bali yang mengedepankan pembangunan dalam skala besar namun tetap bertanggung jawab terhadap kelestarian kondisi lingkungan serta inklusi sosial bagi masyarakat terdampak. Pengalaman ini sejalan dengan minat studi yang sedang dijalankan Fikri yaitu keberlanjutan lingkungan dan dampaknya terhadap strategi pembangunan dalam kerangka Sustainable Development Goals (SDGs). Saat ini Fikri tergabung sebagai Junior Consultant untuk isu sosial-lingkungan di PT.Mitra Rekayasa Keberlanjutan (Mirekel) sebagai salah satu perluasan usaha Anwar Muhammad Foundation (AMF) dan juga tergabung dalam International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia sebagai project assistant untuk kegiatan Multi-Stakeholder Partnership Initiatives. Pengalaman Fikri sebagai research assistant didukung oleh keterlibatannya selama aktif menjadi teaching and survey assistant dalam jurusan Planologi ITB.

Tuhrotul Fu’adah

Staf Komunikasi

Tuhrotul Fu’adah atau Otung menyelesaikan studi S1 di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada. Setelah lulus, Otung menjadi asisten peneliti dosen dan mengemban tugas-tugas yang berkaitan dengan administrasi dan komunikasi. Di samping itu, dengan mengandalkan ilmu bahasa Indonesia yang dimiliki, Otung juga bekerja sebagai tutor bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing di sebuah lembaga bimbingan belajar pada akhir 2019. Pada awal 2020, Otung bekerja sebagai online customer service di sebuah digital marketing company yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kredibilitas perusahaan dengan memberi pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Saat ini Otung menjadi bagian dari Anwar Muhammad Foundation (AMF) sebagai Communication and Engagement Officer yang bertanggung jawab dalam konseptualisasi produk komunikasi perusahaan untuk membangun dan meningkatkan visibilitas perusahaan.

Samingan

Divisi Umum

Samingan adalah sarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al-Azar (STAIMA) Banjar, Jawa Barat. Sembari menempuh pendidikan S1, Samingan mengajar di salah satu sekolah dasar swasta pada 2002 hingga 2017. Pada 2013 Lulus sebagai Guru bersertifikasi. Sebagai guru, Samingan bertanggung jawab mengajar siswa kelas 3 SD, merangkap sebagai Bendahara Keuangan dan Bantuan Operasional Sekolah ( BOS), sekaligus menjadi Operator Sekolah. Setelah mengabdi selama 15 tahun menjadi guru honorer, Samingan memutuskan berhenti dari profesi guru dan menjadi bagian dari Anwar Muhammad Foundation (AMF) pada tahun 2017. Di AMF, Samingan menempati posisi Admin dan General Affairs yang bertanggung jawab dalam pengelolaan fasilitas operasional perusahaan.

Trian Dima Satria

Kepala Operasional & Business Support

Syamsul Arif Juno

Staff Business Support

Ferdi

Kepala Keuangan dan Operasional

Muhammad Shalahuddin

Staf Keuangan dan Akuntan

Muhammad Shalahuddin atau Isal adalah seorang Sarjana Ekonomi dari Institut Tazkia yang saat ini turut andil dalam membantu hal-hal seputar Akuntansi dan Keuangan beberapa lembaga organisasi non-pemerintah (Non-Government Organization/NGO), yakni Anwar Muhammad Foundation (AMF), International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia, dan badan usaha PT. Mitra Rekayasa Keberlanjutan. Isal memiliki pengalaman dalam mengatur, mengelola, dan mengontrol keuangan beberapa lembaga dan badan usaha. Dalam menjalankan perannya, Isal mampu mengelola keuangan dari tahap awal seperti administrasi hingga tahap akhir yaitu pelaporan.

Ratih Damayanti

Kepala Perencanaan & Strategi Bisnis

Riyanti Wiji Lestari

Konsultan Senior

Ervina Anggraini

Tenaga Ahli Madya

Firari Giannindra

Tenaga Ahli Muda

Firari adalah seorang lulusan Teknik Planologi ITB. Firari memiliki pengalaman dalam penelitian lapangan dan penyusunan laporan antara serta laporan akhir dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang, salah satunya adalah penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara Kecamatan Sebatik Utara, Kalimatan Utara. Saat ini Firari tergabung sebagai tenaga ahli muda di Anwar Muhammad Foundation.

Andri M Affandi

Tenaga Ahli Madya

Roni Wijayanto

Tenaga Ahli Madya

VISI

Menjadi yayasan terkemuka dalam memajukan pengembangan penghidupan berkelanjutan serta pelibatan pemangku kepentingan.

MISI

  • Menyediakan solusi berkualitas yang otentik dalam pengembangan penghidupan berkelanjutan dan pelibatan pemangku kepentingan.
  • Menyediakan dampak berkelanjutan melalui kolaborasi strategis.
  • Meningkatkan praktik-praktik penghidupan berkelanjutan dan pelibatan publik.

Bentuk Legalitas

Organisasi nirlaba berbadan hukum Yayasan yang didirikan dengan Akta Notaris Dewi Kusumawati, SH tahun 2012, dan diperbaharui dengan Akta Notaris Evelyne Maria Romatua Hutapea, SH pada tahun 2018.

Segmentasi Pasar

Perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor industri energi terbarukan, industri pada umumnya, dan pertambangan milik pemerintah atau swasta di seluruh Indonesia.

Skala Organisasi

AMF termasuk dalam organisasi berskala kecil yang memiliki 25 sumber daya manusia yang terdiri dari tenaga ahli dan profesional yang mengisi fungsi organisasi sebagai dewan pembina dan direksi, manajerial, associate, serta  staf profesional.

Pilar-Pilar AMF

Pilar Lingkungan

AMF menjalankan program yang didasarkan pada tujuan untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Untuk mewujudkannya, AMF berkolaborasi dengan berbagai pihak, misalnya dengan platform CoFREE dan Himpunan Mahasiswa Rekayasa Kehutanan HMH ‘Selva’ dalam mengadakan kegiatan yang membahas isu-isu lingkungan.

Pilar Sosial

Dalam mewujudakan visi dan misinya, AMF juga mengembangkan kualitas sumber daya manusia baik secara internal maupun eksternal melalui penyelenggaraan program pelatihan staff profesional dan masyarakat binaan AMF. Dalam hal ini AMF menjadi pendukung IAP2 Indonesia untuk meningkatkan partisipasi publik di Indonesia.

Pilar Ekonomi

Sebagai sebuah organisasi berbadan hukum yayasan, AMF dalam melakukan kegiatannya tidak berorientasi hanya kepada keuntungan semata namun juga untuk membiayai seluruh kegiatan dan aktivitasnya. AMF mendukung secara finansial baik individu maupun komunitas dalam berbagai kegiatan yang mengedepankan pembangunan berkelanjutan. Hal tersebut terealisasi pada CoFREE, Azkainsanimulia, dan lain-lain.