AMF memiliki misi untuk memberikan solusi pada pengembangan mata pencaharian yang berkelanjutan, terutama dengan membantu sektor swasta dalam mengembangkan dan mengintegrasikan praktik bisnis ke dalam suara keberlanjutan perusahaan sesuai dengan peraturan nasional dan kepatuhan internasional. Layanan Konsultasi Mata Pencaharian & Pengembangan Dampak Hidup AMF membantu sektor swasta untuk menerapkan dan mengintegrasikan praktik terbaik dari Keberlanjutan Korporasi ke dalam proses bisnis di Indonesia.

Latar Belakang

Pengembangan proyek, baik yang dilakukan oleh Pemerintah atau sektor swasta, sering tidak dapat terhindar dari dampak negatif terhadap lingkungan dan sosial , terutama dapat menyebabkan hilangnya sarana mata pencaharian bagi Orang-Orang yang Terkena Dampak Proyek (PAPs). Di sisi lain, dalam pandangan peraturan nasional dan internasional, inisiator proyek yang diperlukan untuk menghindari kerusakan lingkungan, konflik sosial, dan kesulitan jangka panjang yang parah terhadap masyarakat setempat pada langkah yang tepat secara hati-hati direncanakan dan dilakukan melalui proyek Lingkungan dan Sistem Manajemen Sosial.

Mempertimbangkan pengembangan proyek yang umumnya berdampak pada lingkungan dan masyarakat setempat, oleh karena itu mitigasi lingkungan dan dampak sosial perlu ditetapkan untuk mengurangi dan merehabilitasi dampak negatif proyek terhadap lingkungan dan masyarakat setempat. Mitigasi dampak lingkungan dan sosial adalah dianggap untuk memastikan perbaikan atau setidaknya memulihkan kondisi sosial dan ekologi. Tantangan utamanya adalah bagaimana menyeimbangkan antara investasi proyek dengan risiko proyek-proyek tersebut dapat menimbulkan dampak buruk dan konflik sosial bagi masyarakat setempat. Tanggung jawab yang meningkat harus diambil oleh Negara, parastatal dan perusahaan yang melakukan investasi.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, AMF senang bekerja sama dengan klien atau mitra dalam masalah sosial dan lingkungan yang berkaitan dengan proyek industri di seluruh Indonesia dengan menyediakan kombinasi praktik terbaik kepatuhan internasional dan kemampuan pengetahuan lokal.

Memperkenalkan AMF

AMF adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada awal 2010 di Jakarta. AMF mendedikasikan dirinya untuk mengambil bagian dalam upaya untuk mengubah dan meningkatkan untuk membuat negara menjadi lebih baik. AMF didirikan oleh para pendiri yang memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan yang berkelanjutan melalui kolaborasi dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan.

Yayasan Anwar Muhammad (AMF) memiliki visi untuk menjadi yayasan yang terkemuka dalam memajukan pengembangan mata pencaharian yang berkelanjutan dan keterlibatan pemangku kepentingan.Praktik terbaik kepatuhan internasional kami yang luas dalam berbagai pengembangan proyek dan dibarengi dengan kepemimpinan yang kuat yang memahami seluruh spektrum lingkungan dan dampak sosial, masalah, risiko, dan manajemen sehingga memungkinkan AMF untuk memberikan keahlian internasional dan pemahaman tentang kepekaan dan kepedulian lokal. Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan yang konsisten, profesional dan berkualitas tinggi. Kami memberikan solusi inovatif untuk klien bisnis dan pemerintah terkemuka, membantu mereka dalam mengelola risiko terkait lingkungan dan sosial mereka.

Saat ini kami memiliki kantor permanen kecil di Jakarta dimana di dalamnya menggabungkan banyak ahli yang sebelumnya telah bekerja dengan konsultan internasional terkemuka, seperti ERM, AECOM, Golder, dll. Oleh karena itu, tim kami telah terbiasa bekerja sesuai dengan standar global sambil menawarkan keahlian lokal yang luas dan pemahaman tentang bisnis, peraturan, dan lingkungan sosial budaya Indonesia.

Sejak didirikan di 2010 , AMF telah beroperasi di banyak wilayah di Indonesia, dengan layanan untuk industri yang menjadi andalan bisnis AMF selama waktu itu. Keterlibatan kami dalam proyekpertambangan, energi terbarukan , infrastruktur dan minyak dan gas mencakup spektrum dari eksplorasi hingga proses pra-startup hingga kinerja operasional dan penutupan atau dekomisioning. Saat ini kami telah membantu perusahaan dengan usaha baru dan perbaikan operasional dalam berbagai proyek di seluruh wilayah.

Program Strategis AMF

Pendekatan Pembangunan Sosial adalah proses perubahan sosial yang direncanakan untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat sebagai pelengkap keseluruhan dengan pembangunan ekonomi.Perubahan sosial adalah kebutuhan yang terjadi seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Perubahan sosial ini harus diarahkan secara terencana sehingga menjadi bagian integral dari pembangunan sosial di masyarakat.

Pembangunan sosial terkait erat dengan perkembangan ekonomi secara keseluruhan. Perbedaannya adalah bahwa pembangunan sosial mencoba untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh komunitas daripada hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pembangunan sosial biasanya memiliki fokus yang kuat pada pengentasan kemiskinan , peningkatan akses terhadap kesehatan, layanan pendidikan dan pengembangan sektor ekonomi informal. Di Indonesia, upaya untuk memperkuat pembangunan sosial telah dilakukan oleh semua pihak selama beberapa dekade terakhir.

Selain peningkatan kesejahteraan sosial, pembangunan sosial juga sebagai strategi yang disengaja untuk meningkatkan kesejahteraan sosial melalui kolaborasi dan kemitraan pihak-pihak terkait dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi, antara lain:

  1. Pendekatan filantropi, terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat melalui kegiatan amal, CSR (Corporate Social Responsibility) dan berbagai bentuk filantropi lainnya.
  2. Pendekatan kerja sosial, yang merupakan pendekatan terorganisir untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menggunakan para profesional untuk mendukung program filantropi.
  3. Pendekatan administrasi sosial, yaitu upaya mempromosikan dan memperkuat kesejahteraan melalui penciptaan program dan layanan sosial. Pendekatan pembangunan sosial, seperti yang telah dijelaskan di atas, adalah proses perubahan sosial yang direncanakan untuk meningkatkan kehidupan seluruh masyarakat, dan yang melengkapi pembangunan ekonomi.

Yayasan Anwar Muhammad (AMF) menggunakan empat pendekatan pembangunan sosial di atas sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas dari AMF untuk saat ini dan di masa depan. Mempertimbangkan bahwa masalah kesejahteraan sosial terkait erat dengan kemajuan suatu bangsa, AMF akan terus berkomitmen untuk melakukan upaya guna meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia di masa depan.

Mari bicarakan proyek Anda selanjutnya