Penguatan Peran Pemuda dalam Diskusi Pembangunan Berkelanjutan melalui Kolaborasi AMF dengan Himpunan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

  • by

Pembangunan Berkelanjutan terdiri dari serangkaian proses perencanaan, implementasi, hingga evaluasi dalam mencapai target dan indikator dari sudut pandang lingkungan, sosial, dan ekonomi. Pembangunan Berkelanjutan menitipkan pesan kemitraan multipihak, khususunya dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 17 yaitu, Partnership for The Goals. Pendekatan kolaborasi dalam melakukan proses kemitraan multipihak salah satunya menyasar sektor akademisi yang berpotensi untuk melakukan kolaborasi dalam bidang penelitian, pengembangan, dan pembinaan baik pada tenaga pengajar maupun mahasiswa dari kalangan pemuda dalam proses diskursus terkait pembangunan berkelanjutan. Sejalan dengan ide ini, AMF sebagai lembaga rujukan dalam pelibatan stakeholders menginisiasi kegiatan kolaborasi dengan pemuda yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) pada lingkungan civitas akademika Institut Teknologi Bandung.

Kolaborasi yang sudah dilakukan melibatkan seperangkat pengurus dan anggota dari Himpunan Mahasiswa Rekayasa Kehutanan ‘Selva’ ITB dan Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota ‘Pangripta Loka’ Komsiariat ITB. Proses diskusi berjalan dengan interaktif dan membuahkan hasil berupa gagasan kolaborasi lanjutan khususnya pada sektor konservasi sumber daya alam, keterkaitan green jobs dengan kurikulum akademik, dan penelitian mengenai penyerapan karbon sebagai bentuk jasa lingkungan pada diskusi bersama HMH ‘Selva’ ITB, serta gagasan mengenai sustainability livelihood piloting, serta isu urbanisasi dan transformasi jejaring keterkaitan desa-kota (Rural-Urban Linkages) pada diskusi bersama HMP ‘Pangripta Loka’ ITB Komisariat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *