Pengesahan KUBE dan Forum Group Discussion Penyusunan Program Kerja KUBE PAP Muara Laboh

  • by
PAP adalah singkatan dari Project Affected People atau biasa disebut dengan istilah Masyarakat Terdampak

Setelah melewati beberapa proses, KUBE atau Kelompok Usaha Bersama yang dibentuk oleh AMF bersama PT Supreme Energy Muara Laboh akhirnya mencapai tahap pengesahan. Selasa, 26 Januari 2021 diselenggarakan acara pengesahan KUBE, yaitu Mutiara Tani yang bergerak dalam bidang usaha pertanian cabai, Maju Bersama Sejahtera yang mengembangkan sektor perkebunan kopi, dan Cahaya Baru yang mengembangkan sektor pertanian padi. Pengesahan ini dilaksanakan di Saung APPT Pekonina oleh Wali Nagari Pekonina (Bapak Dasril SH, MM.) dan dihadiri para anggota kelompok usaha yang bersangkutan.

Pengesahan KUBE pada kelompok usaha yang terdiri dari masyarakat terdampak PLTP – Muara Laboh ditandai dengan penyerahan dokumen kepada masing-masing perwakilan kelompok usaha. Dalam sambutannya, Bapak Wali Nagari menyampaikan arahan mengenai tata pelaksanaan program KUBE kepada para anggota. Secara administratif, para kelompok usaha harus melakukan laporan secara rutin ke Kantor Wali Nagari. Laporan ini dilakukan oleh setiap kelompok usaha agar dapat dilakukan pendampingan dari POSLUNAG (Pos Penyuluhan Nagari).

Di wilayah Desa Pekonina telah terbentuk kurang lebih 40 kelompok usaha, baik yang dibentuk oleh Dinas Pertanian maupun Dinas Sosial, pembentukan kelompok usaha dilakukan pemerintah dengan tujuan meningkatkan kemandirian dan mengentaskan kemiskinan. AMF dan PT Supreme Energy Muara Laboh telah berkontribusi dalam mewujudkan visi pemerintah tersebut, dengan membentuk KUBE pada masayarakat terdampak PLTP Muara Laboh.               

Agenda selanjutnya adalah FGD (forum group discussion) penyusunan Program Kerja masing-masing KUBE yang telah terbentuk. Forum ini menghasilkan program kerja setiap KUBE  Mutiara Tani, Maju Bersama Sejahtera, dan Cahaya Baru. Selain program kerja, FGD juga menghasilkan kesimpulan bahwa selama pelaksanaan program KUBE diharapkan ada dukungan pendanaan dari AMF atau PT Supreme Energy Muara Laboh, pendampingan KUBE, kegiatan-kegiatan sebagai tindak lanjut masing-masing KUBE, seperti diadakannya pertemuan dan sosialisasi KUBE kepada seluruh  anggotanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *