Pembentukan Kelompok Usaha Bersama di Dusun Talang Pisang

  • by
Kelompok Usaha Bersama di Dusun Talang Pisang

Pada 3 Maret 2021, AMF bersama PT Supreme Energy Rantau Dedap melakukan diskusi pembentukan Kelompok Usaha Bersama atau KUBE dengan masyarakat terdampak PT Supreme Energy Rantau Dedap. Dusun Talang Pisang, Desa Tunggal Bute merupakan dusun yang berada di kawasan PT Supreme Energy Rantau Dedap, Sumatera Selatan.

Pembentukan KUBE ini didasarkan pada potensi masyarakat dan lingkungan yang ada. Apabila dilihat dari ekosistemnya, area Rantau Dedap khususnya, salah satunya Dusun Talang Pisang didominasi oleh ekosistem buatan berupa kebun kopi dan pertanian lahan kering. Area ini berada pada sekitar pemukiman masyarakat dan berbatasan langsung dengan kawasan hutan.

Diskusi pembentukan KUBE ini melibatkan 20 orang yang termasuk masyarakat terdampak PT Supreme Energy Rantau Dedap. Hasilnya, kelompok usaha bersama “Seganti Setungguan” terbentuk yang kemudian akan dilakukan penyusunan AD/ART kelompok ini. Sama halnya yang telah berjalan di Muara Laboh, KUBE yang mulai dirintis di masyarakat terdampak Dusun Talang Pisang berorientasi pada usaha di sektor pertanian dan usaha lain yang berpotensi untuk dikembangkan. Setelah terbentuk, KUBE diharapkan mampu menjadi wadah bertukar informasi mengenai usaha yang sedang dijalankan dengan tujuan meningkatkan taraf hidup melalui usaha bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *