Pelatihan Kewirausahaan: KUBE Aremantai “Kendak Besame” inisiasi usaha Depot Air Minum Isi Ulang

  • by

Pada 22 Maret 2021 lalu diselenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha masyarakat terdampak atau Project Affected People (PAP) PLT Panas Bumi yang berada di Dusun Danau Ringkih, Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu. Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan dari pembentukan KUBE beberapa pekan lalu. KUBE Aremantai yang disepakati dengan nama “Kendak Besame” ini beranggotakan sebelas orang PAP.

Pada sesi pertama, para anggota KUBE Kendak Besame ini diberi semangat melalui pemberian motivasi usaha. Kemudian para peserta pelatihan diajak untuk memahami arti wirausaha agar para anggota KUBE semakin siap menjalankan usahanya. Tidak hanya itu, pada sesi ini para calon pelaku usaha juga diberi pemahaman tentang bagaimana sikap dan mental wirausaha yang baik.

Dalam sesi kedua para peserta disuguhi materi yang lebih teoretis, yakni mengenai analisis SWOT. Analisis SWOT sudah tidak asing di dunia bisnis karena analisis ini mudah diterapkan di segala bidang usaha. Harapannya, supaya para peserta mengetahui strength (kelebihan) weakness (kelemahan) opportunity (peluang) threats (ancaman) dalam proses perencanaan usaha yang akan dijalankan sehingga usaha akan berjalan lebih efektif karena tepat sasaran. Sebagai tambahan pengetahuan, dalam sesi ini juga dibahas mengenai pengantar manajemen pemasaran.

Setelah mengetahui teori perencanaan, sesi dilanjutkan ke pemaparan tentang pengelolaan usaha meliputi manajemen keuangan dan permodalan usaha. Dalam sesi ini dibahas juga mengenai cara melaporkan keuangan, seperti laporan buku kas, laba rugi, dan pembagian SHU dalam KUBE.

Pada sesi terakhir, materi yang disajikan adalah mengenai cara penyusunan business plan yang sekaligus dijadikan keluaran pelatihan. Dalam sesi ini para peserta pelatihan dipandu untuk menyusun business plan. Berdasarkan diskusi antaranggota dan analisis SWOT, anggota KUBE Aremantai “Kendak Besame” didampingi oleh AMF dan Supreme Energy Rantau Dedap menyusun business plan usaha Depot Air Minum Isi Ulang.             Selain menghasilkan business plan, para anggotaKUBE Aremantai “Kendak Besame” juga membuat perencanaan usaha pertanian dan perikanan yang dirangkum ke dalam Kalender Musim Usaha Pertanian dan Perikanan. Usaha tersebut meliputi usaha perkebunan kopi dan pertanian padi. Dalam kalender musim pertanian tercatat rencana-rencana kegiatan yang dimulai dari pembukaan lahan hingga pemasaran. Begitu pula dengan kalender musim usaha perikanan yang direncanakan  dari pembuatan kolam hingga panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *