Optimalisasi Area Percontohan Pertanian Terpadu Muara Laboh

AMF bersama Supreme Energy tengah mengupayakan penghijauan di Area Percontohan Pertanian Terpadu. Area Percontohan Pertanian Terpadu atau disingkat APPT dibangun oleh AMF bersama Supreme Energy dalam rangka mendorong para petani Muara Laboh yang terdampak proyek untuk meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya.

Sebagai area percontohan, upaya penghijauan taman APPT terus dilakukan setiap harinya. Hal tersebut diwujudkan dengan melakukan penyiraman dan perapian tanaman secara rutin. Seperti biasanya  petugas APPT melakukan pembersihan gulma yang tumbuh di sekitaran tanaman kopi. Selain itu, petugas APPT juga menjaga keindahan APPT dengan selalu membersihkan tanaman yang sudah rusak, dan  dilakukan penanaman kembali tanaman di area APPT.

Selain penghijauan APPT,  juga dilakukan penanaman padi organik dengan metode atau sistem SRI (System of Rice Intensification) di lahan sawah APPT. Penanaman padi organik ini dilakukan oleh petani terdampak yang dibina oleh AMF sebagai bagian dari penerapan sistem SRI yang baru diajarkan pada pelatihan. Penanaman dilakukan setelah pesemaian selama 16 hari. Benih padi yang ditanam ini adalah padi jenis Batu Ampar dan Redek pada lahan sawah seluas sekitar 2 petak (400 m3). Dengan praktik langsung, diharapkan petani terdampak di Muara Laboh mampu mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang pertanian padi, khususnya budidaya padi organik dengan sistem SRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top