Mengenal MEAL dalam Lokalatih Internal AMF

  • by

Apa itu MEAL? MEAL adalah singkatan dari Monitoring, Evaluation, Accountability, dan Learning. Pada bulan ini, selain mengadakan lokalatih internal mengenai laporan berkelanjutan, AMF juga mengadakan lokalatih internal yang mengupas tuntas masalah perencanaan proyek-proyek AMF dalam kerangka kerja MEAL. Lokalatih ini dihadiri oleh board AMF dan staf internal AMF, khususnya para staf AMF yang baru bergabung menjadi bagian dari AMF. Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan konsep MEAL kepada seluruh tim AMF untuk mencapai pemahaman yang selaras mengenai tata kelola AMF dalam membuat suatu program.

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini, dinarasumberi oleh Konsultan MEAL. Dalam lokalatih ini dibahas sebuah dokumen panduan milik AMF tentang kerangka kerja MEAL. Dokumen tersebut berisi panduan pengimplementasian MEAL secara lengkap. Dokumen panduan tersebut membahas desain dan perencanaan program atau proyek, pengumpulan data analisis, dan komunikasi informasi kepada stakeholder dan datanya dapat dipertanggungjawabkan. Kualitas hasil program MEAL ini dijamin dengan penetapan peran dan tanggung jawab serta koordinasi yang jelas dan akurat sesuai dengan standard organisasi.

Lokalatih ini berjalan dengan serius tapi santai. Setiap peserta lokalatih mendapat kesempatan bertanya secara terbuka dan kapan saja. Pada akhir pemaparan, dibuka sesi sumbang saran untuk perbaikan dokumen panduan MEAL. Dengan menerapkan salah satu nilai AMF, yakni kolaborasi, forum lokalatih tersebut sepakat memperbaiki dokumen panduan MEAL secara bersama-sama. Kegiatan lokalatih MEAL ini merupakan rangkaian pertama dari tiga lokalatih internal mengenai tata kelola sebuah proyek. Pekan depan, forum ini akan membahas lebih detail dan praktis mengenai tata cara pelaporan proyek AMF. Lokalatih semacam ini rutin dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas setiap staf AMF dalam menjalankan sebuah program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *