Media Visit IAP2 Indonesia ke Lembaga Kantor Berita Nasional Antara

Chairperson IAP2 Indonesia, Aldi Muhammad Alizar bersama Head of Operation and Business Support AMF, Trian Dima Samtria dan CEO AIM, Muhammad Ramadhan, melakukan media visit ke Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (ANTARA) pada Jumat, 3 Juli 2020. Tim IAP2 Indonesia diterima oleh Darmadi, CEO ANTARA DIGITAL MEDIA, dan Handry Wiranto, Business Development ANTARA DIGITAL MEDIA.

Pada kunjungan kali ini, IAP2 Indonesia berbagi informasi terkait berbagai kegiatan dan advokasi yang sedang dilakukan, terutama untuk Indonesia Year of Participation yang akan memaksimalkan media digital. Pihak ANTARA DIGITAL MEDIA menyebutkan dirinya sebagai sebagai anak usaha baru yang dikembangkan oleh Lembaga Kantor Berita Negara ANTARA memiliki misi untuk memelihara persatuan Indonesia dengan menyebarluaskan berita terkini dan terpercaya mengenai kebijakan pemerintahan dan segala hal yang terjadi dari seluruh Indonesia baik dari sisi sosial, politik dan ekonomi.

Penyebarluasan berita ini menggunakan media digital dibawah pengelolaan ANTARA DIGITAL MEDIA yang berada ruang pubik. ANTARA DIGITAL MEDIA memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam “menonton” berita terkini selama beraktivitas di luar rumah melalui jaringan Digital Out-Of-Home (DOOH) yang tersebar di ruang-ruang publik seperti alun-alun, RSUD, bandara, pelabuhan, stasiun kereta, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat keramaian lainnya. Hal ini menjadi salah satu cara ANTARA, sebagai Public Relation negara, dalam upaya memerangi HOAX dan informasi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Sejak dilaksanakan pada awal tahun 2019, ANTARA DIGITAL MEDIA telah memiliki jaringan informasi pada media publik berupa videotron /outdoor DOOH di 10 kota, dan 450 TV Robot atau indoor DOOH. Hingga akhir 2024, ANTARA DIGITAL MEDIA akan memasang 600 videotron dan 5.000 TV Robot tersebar dari Sabang sampai Merauke di setiap kabupaten dan kota.

IAP2 Indonesia melihat teknologi yang dikembangkan oleh ANTARA melalui anak perusahaan ANTARA DIGITAL MEDIA sebagai bentuk dari eratnya hubungan antara penyebarluasan informasi yang berkualitas, otentik dan akurat dengan partisipasi publik yang kemudian akan menimbulkan opini publik yang positif sehingga berdampak pada peningkatan signifikan partisipasi publik.

Jika dikaitkan dengan nilai-nilai dasar Partisipasi Publik IAP2, maka kondisi ini mencerminkan dengan jelas nilai dasar ketujuh dan juga merupakan nilai terakhir yang menyebutkan bahwa partisipasi publik mengkomunikasikan kepada publik mengenai bagaimana masukan mereka berpengaruh nyata terhadap sebuah keputusan atau kebijakan.

Pertemuan yang kemudian menghasilkan beberapa langkah awal dari kerja sama antara IAP2 Indonesia dan ANTARA DIGITAL MEDIA. yang akan ditindaklanjuti, terutama terkait partisipasi publik dan dengan diseminasi informasi berbasis digital.***AMA, IS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas