Kerja sama Anwar Muhammad Foundation dengan Himpunan Mahasiswa Rekayasa Kehutanan: Peningkatan Kesadaran akan Pentingnya Konservasi Hutan

Indonesia memiliki kawasan hutan yang sangat luas dengan sumber daya alam yang melimpah di dalamnya. Melimpahnya sumber daya alam Indonesia bukan berarti dapat dieksploitasi tanpa diimbangi dengan konservasi. Konservasi adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga keberlanjutan hutan dan ekosistemnya. Hal tersebut telah dibahas dalam UU No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, yaitu penyelenggaraan perlindungan hutan dan konservasi alam bertujuan menjaga hutan, kawasan hutan dan lingkungannya, agar fungsi lindung, fungsi konservasi dan fungsi produksi tercapai secara optimal dan lestari.

Pembangunan berkelanjutan menjadi isu yang sangat penting sejalan dengan gencarnya pembangunan rendah karbon dewasa ini. Demi tercapainya komitmen dan visi AMF dalam mendukung terwujudnya pembangunan berkelanjutan melalui kolaborasi strategis, AMF bekerja sama dengan institusi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi hutan. Dengan mendukung aksi para generasi muda bangsa Indonesia, AMF yakin bahwa sedikit-demi sedikit kesadaran akanpentingnya konservasi di masyarakat akan berkembang.

Isu-isu tentang konservasi di Indonesia dan masa depan konservasi Indonesia masih menjadi tantangan besar yang harus diwujudkan. Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Rekayasa Kehutanan ‘Selva’ atau HMH Selva Institut Teknologi Bandung berupaya untuk menjawab tantangan besar tersebut melalui aksi-aksi nyata yang dikemas dalam acara tahunan bernama Forestshare. Hal ini juga merupakan wujud kontribusi dan tanggung jawab mahasiswa bidang kehutanan kepada Indonesia.

Dalam acara tersebut, AMF berperan sebagai pemberi dukungan terselenggaranya acara Forestshare berupa webinar yang bertajuk “Masa Depan Konservasi Berkelanjutan di Indonesia: Sinergi dari Sudut Pandang Ekonomi, Ekologi, dan Sosial” demi tercapainya visi AMF yang sejalan dengan tujuan kegiatan HMH Selva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top