Audiensi Chair IAP2 Indonesia dengan Kepala BNPB Indonesia

No CommentsJULY 3, 2020

Chair IAP2 Indonesia, Aldi Muhammad Alizar, melakukan audiensi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Doni Monardo pada hari Senin, 29 Juni 2020 sore di Graha BNPB, Jl. Pramuka Kav.38, Jakarta Timur.

Dalam audiensi yang berlangsung selama satu jam ini, Kepala BNPB menyatakan bahwa pendekatan Pentahelix Stakeholder menjadi sebuah pendekatan yang harus diambil dalam penanganan Pandemi COVID-19. Pendekatan ini sesuai dengan kultur Indonesia yang lebih menitikberatkan semangat gotong royong untuk memobilisasi seluruh sumber daya dan kearifan lokal yang ada. Secara sederhana, semangat gotong royong ini mewujud pada koordinasi antar pemerintah pusat, daerah dan stakeholder terkait yang terjadi selama penanganan Pandemi COVID-19.

Menanggapi hal tersebut, Chair IAP2 Indonesia mengatakan bahwa berbagai pengalaman koordinasi tersebut dan praktik terbaik yang muncul selama menangani pandemi dapat menjadi sebuah acuan dan pengetahuan yang berharga bagi para pihak dalam mengelola pentahelix stakeholder ketika bencana. Maka dari itu, sebisa mungkin pengalaman dan praktik yang berkualitas tersebut direkam dengan baik dan mudah diakses bagi semua pihak termasuk publik yang membutuhkan.

Hal ini sejalan dengan spektrum pertama dari Spektum Partisipasi Publik IAP2, yaitu to inform (mengiformasikan). Kemudahan akses untuk mendapatkan data terkait pengalaman dan praktik baik tersebut, menjadikan para pihak dan publik terinformasikan dengan baik sehingga kemudian mereka mampu memahami dan menentukan bentuk dan spektrum partisipasi apa yang mereka bisa tampilkan jika terjadi bencana di kemudian hari.**AMA, ISBagikan:Copy LinkFacebookTwitterLinkedInWhatsAppLineEmailShare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas