AMF Tingkatkan Kesadaran akan Pentingnya Sustainable Production and Consumption bersama BINUS University

Sabtu, 26 Juni 2021 telah digelar acara yang diprakarsai oleh Anwar Muhammad Foundation dengan BINUS University, khususnya mahasiswa Business Hotel Managament dalam rangka mengembalikan semangat untuk meningkatkan sustainable production and consumption. Acara ini dikemas ke dalam webinar, talkshow, dan cooking demo.

Dilatarbelakangi oleh kondisi sulit masa pandemi yang telah berdampak ke banyak bisnis, Mahasiswa BINUS melihat bahwa kuliner merupakan peluang bisnis yang berpotensi untuk dikembangkan di masa sekarang. Mengapa? Selagi kuliner masih menjadi kebutuhan pokok dan mengingat Indonesia kaya akan ragam makanan yang bersifat kedaerahan, ditambah lagi dengan adanya digitalisasi yang memudahkan dalam pemasaran produk, bisnis kuliner dapat dijadikan sebagai solusi.

Acara ini dihadiri oleh hampir 500 mahasiswa dan umum dari berbagai daerah di Indonesia.  Selain karena acaranya yang sangat menarik, juga karena dihadiri oleh pembicara-pembicara keren, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pakar brand Indonesia,Subiakto Prisoedarsono, dan praktisi bisnis kuliner, Founder Rendang Katuju, yakni Ade Katuju. Menariknya lagi, Acara ini dipandu oleh presenter ternama di Indonesia, Tike Priatnakusumah.

Pada kesempatan ini, Sandiaga Uno dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliner merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif Indonesia yang berperan dalam mempromosikan pariwisata Indonesia ke seluruh dunia. Untuk memperkaya khazanah kuliner Indonesia diperlukan sebuah inovasi dengan memanfaatkan bahan baku asli Indonesia. Sejalan dengan pernyataan yang disampaikan oleh Sandiaga Uno, Subiakto atau yang kerap disapa Pak Bi ini juga menandaskan bahwa kuliner merupakan lokomotif bisnis Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa kuliner Indonesia sangat luar biasa terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Selain itu, Ade Katuju hadir memberikan materi cooking demo kepada para peserta secara daring dari studio Javara BINUS University. Sebuah inovasi kuliner Indonesia disajikan dalam materi cooking demo. Menu yang sangat unik, pembuatan Rendang Jantung Pisang, dijadikan menu demo  pada kesempatan ini. Bentuk kreasi kuliner ini dapat dijadikan sebagai pijakan baru dalam rangka mengembangkan sebuah bisnis. Contohnya, dengan adanya rendang jantung pisang, masyarakat Indonesia yang sebelumnya tidak memakan daging,  kini dapat sama-sama menikmati rendang.

Terselenggaranya acara ini diharapkan mampu mendongkrak semangat berkelanjutan dalam bisnis kuliner Indonesia yang sangat kaya baik dari mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa maupun pelaku-pelaku usaha di Indonesia. AMF yang terus berupaya dalam pembangunan berkelanjutan akan senantiasa mendukung berbagai kegiatan yang menuju ke arah sana. Salah satunya dengan menggerakkan hati generasi muda untuk memajukan kuliner Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *