Statement Akhir Tahun AMF 2020

  • by

Alizar Anwar, Dewan Pembina AMF

Tahun 2020 kita semua diuji dengan adanya Pandemi Covid19. Sebab, dampaknya sangat luar biasa dan pasti mempengaruhi dunia bisnis sosial, termasuk AMF. Pandemi berdampak juga pada kegiatan-kegiatan AMF sehingga produktivitas AMF pada tahun ini menurun. Akan tetapi, berkat fondasi yang kuat, AMF mampu bertahan sampai pada penghujung tahun 2020 ini. Hal ini merupakan suatu yang harus diapresiasi dan disyukuri.

Secara umum, membuat suatu bisnis sosial memang bukan suatu hal yang mudah. Pada 2021 kelak, bisnis-bisnis sosial yang sempat terpuruk bisa mulai bangkit kembali untuk menyesuaikan diri. Begitu pula dengan AMF, semoga pada 2021 AMF bisa kembali menunjukkan sinarnya bahkan lebih terang dari pada sebelumnya. Mudah-mudahan, kinerja AMF di tahun depan semakin baik dan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Secara khusus, AMF bisa memulai resolusi dengan melihat kembali cita-cita semula. Sebagai sebuah yayasan, AMF memiliki misi besar untuk dalam kegiatannya berusaha untuk hidup secara mandiri dan dapat memberi manfaat kepada orang lain. Selain itu, AMF juga bermisi untuk membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian lokal yang imbasnya baik secara langsung maupun tidak langsung sampai pada tingkat global. Namun, misi-misi besar tersebut tidak akan tercapai tanpa dedikasi tenaga-tenaga inti AMF.

Aldi Muhammad Alizar, Chairman AMF

Pada 2020, terdapat beberapa rencana AMF yang tertunda karena mau tidak mau AMF harus menghadapi masa pandemi dengan berbagai kelaziman barunya.  Namun demikian, bersyukur bahwa sampai pada Desember 2020, AMF masih tetap tegar berdiri mengibarkan benderanya dan menebarkan manfaat kepada sesama.  Sebagai lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang kewirausahaan sosial, AMF terus pro-aktif melakukan upaya kolaborasi dengan barbagai pihak untuk mempertahankan eksistensinya.

Pada tahun ini, AMF telah berkolaborasi dan memberikan dampak positif dengan beberapa pihak dalam penyelenggaraan berbagai prakarsa pembangunan berkelanjutan, yakni bersama IAP2 Indonesia, Global Reporting Initiative (GRI), CoFREE Initiative, dan Himpunan Mahasiswa Rekayasa Kehutanan ‘Selva’ ITB.  AMF juga memberikan dukungan teknis kepada beberapa start up, seperti PT. Azka Insani Mulya dan PT. Agrotek Lestari Internasional.

Ketahanan AMF pada masa pandemi tidak dapat terlepas dari kepemimpinan yang gigih dan pro-aktif dalam berbagai kegiatan baik dalam lingkup internal maupun eksternal. Selain itu, keberhasilan ini tercapai karena modal manusia AMF yang memegang teguh nilai-nilai integritas dan profesionalisme yang telah menjadi nadi AMF.

Dalam berbagai aktivitasnya, setiap tenaga profesional AMF dibekali dengan nilai-nilai kejujuran juga profesionalisme dalam melayani klien atau para pemangku kepentingan. Sehingga, AMF mendapat kepercayaan dari klien yang juga menjadi kunci keberhasilan AMF. Maka dari itu, di penghujung tahun 2020 ini, saya sebagai chairman AMF mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan semua tenaga profesional, mitra kerja dan mitra strategis, serta klien AMF yang masih setia membersamai AMF. Tanpa kerja sama dan dukungan dari semua pihak, AMF tidak akan bisa bertahan dan tegar sampai detik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *