Pendidikan dan Pelatihan 

In house training di kantor AMF

Program untuk meningkatkan ketrampilan karyawan dan program bantuan peralihan 

Untuk senantiasa mengembangkan kemampuan dan menambah wawasan, AMF senantiasa memberikan kesempatan kepada karyawan dan tim ahlinya untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar. Pelatihan dan seminar yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah dan swasta yang terkait erat dengan pengelolaan lingkungan, sosial ekonomi dan kajian dampak berkelanjutan kerap diikuti oleh AMF.

AMF menyadari pentingnya selalu melakukan update pengetahuan dan memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mendapatkan sertifikasi tentang ilmu manajemen lingkungan, sosial, ekonomi dan pelibatan pemangku kepentingan. Hal ini dilakukan tidak saja untuk kepentingan organisasi AMF sendiri namun juga untuk manfaat di masa yang akan datang sebagai bantuan peralihan kepada para karyawannya dalam meneruskan karir dan profesionalisme di bidang-bidang kemasyarakatan secara mandiri dan penuh integritas. Program pelatihan yang diselenggarakan AMF kepada karyawan antara lain adalah pelatihan dasar-dasar dan teknik partisipasi publik.

Masyarakat Lokal

Pembuatan Pupuk Kompos Padat dengan pemanfaatan sampah-sampah organik

Pemeliharaan tanaman padi dengan penyemprotan Pupuk Organik Cair (POC)

Operasi dengan keterlibatan masyarakat lokal, penilaian dampak, dan program pengembangan

Dalam melakukan aktivitas konsultasi pengelolaan masalah ekonomi, sosial, lingkungan dan kegiatan berdampak di tingkat masyarakat suatu daerah, AMF melibatkan diri secara langsung di tengah-tengah masyarakat di suatu daerah untuk melakukan kegiatan bersama pada rentang waktu tertentu dalam rangka perbaikan lingkungan dan membangun kegiatan usaha.

Bentuk keterlibatan langsung dengan masyarakat lokal ini, antara lain tenaga ahli AMF tinggal bersama di lingkungan terdampak untuk memberikan bantuan teknis dalam upaya memperbaiki kerusakan yang terjadi. AMF dalam hal ini memberikan pendampingan dan juga pelatihan secara intensif kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan pengelolaan lingkungan, pertanian dan peternakan yang lebih baik. Selain masalah lingkungan dan penilaian dampak, AMF juga terlibat dalam memberikan bantuan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat lokal agar mampu meningkatkan pendapatan rumah tangga dan turut serta mengembangkan ekonomi masyarakat lokal.

Harapan dari kegiatan AMF yang secara langsung melibatkan masyarakat lokal adalah mendapatkan data dan informasi yang lengkap dan komprehensif sehingga AMF dapat merencanakan bentuk kegiatan restorasi mata pencaharian masyarakat lokal secara tepat sasaran dan efektif. Monitoring dan pengukuran dampak juga lebih mudah dilakukan dan rencana pengembangan yang berkelanjutan dapat disesuaikan dengan kondisi di lapangan. AMF dapat melakukan pemetaan pemangku kepentingan yang diikuti dengan program-program pelibatan pemangku kepentingan, antara lain dengan anggota dewan, pemerintah daerah yang diantaranya juga diwakili oleh komite kesehatan dan keselamatan kerja, serta badan-badan perwakilan pekerja lain untuk menangani dampak.

AMF juga membuat sistem pengaduan secara formal yang di masa mendatang dapat digunakan oleh masyarakat lokal untuk menyampaikan aspirasi perbaikan, pembangunan sistem lingkungan, ekonomi dan sosial, atau pengaduan dampak negatif atas pekerjaan proyek yang dijalankan oleh korporasi di lingkungan tempat tinggal masyarakat lokal.

Gulir ke Atas