Kajian Mitigasi Dampak Sosial-Lingkungan Proyek Pembangunan Pelabuhan Benoa oleh Mirekel sebagai Perluasan Jasa Usaha AMF

  • by

Anwar Muhammad Foundation sebagai lembaga social enterprise, berupaya untuk melebarkan sayap dan memperluas jejaring jasa usaha dengan menginsiaisasi lembaga dengan nama PT. Mitra Rekayasa Keberlanjutan (Mirekel). Mirekel adalah lembaga yang bergerak di bidang jasa konsultasi sosial-lingkungan. Dalam perjalanannya, Mirekel telah terlibat aktif dalam beberapa proyek pekerjaan dengan tetap berkomitmen pada implementasi pembangunan berkelanjutan.

Salah satu proyek yang telah dilakukan adalah penyusunan kerangka manajemen sistem mitigasi dampak proyek pembangunan Pelabuhan Benoa di Bali yang bekerja sama dengan salah satu BUMN. Tim Mirekel terlibat dalam proses diskusi kerangka kerja, dialog stakeholders, dan pengumpulan data lapangan melalui observasi kondisi sosial, ekonomi, kebudayaan, dan lingkungan, serta melakukan pengamatan jenis kegiatan usaha masyarakat yang berada di sekitar lokasi proyek.

Dengan melakukan studi dan kajian terhadap dampak sosial-lingkungan yang dapat ditimbulkan karena adanya pembangunan proyek, Mirekel berharap dapat berperan untuk memberikan solusi terbaik bagi meminimalisasi dampak baik terhadap masyarakat maupun lingkungan. Studi ini juga diharapkan mampu menjembatani kepentingan antar-stakeholders dalam ranah pembangunan yang tetap menghadirkan pertumbuhan ekonomi disertai jenis pembangunan yang ramah lingkungan dan inklusif untuk masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Dalam keterlibatan selama berjalannya proyek, mulai dari tahap perencanaan hingga implementasi kegiatan, AMF melalui Mirekel selalu menekankan pentingnya ketaatan terhadap kondisi protokol kesehatan dan peraturan daerah mengenai ketentuan kesehatan lainnya. Tim yang melakukan survei lapangan turut melakukan serangkaian test baik SWAB Antigen hingga SWAB PCR pada keberangkatan maupun saat kepulangan. Selanjutnya, Mirekel berharap untuk dapat terus berperan untuk menyokong peran AMF sebagai lembaga pilihan dalam perwujudan pembangunan berkelanjutan dan pelibatan stakeholders dengan dapat urun daya dan pikiran dalam berbagai kegiatan pembangunan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *