Demplot, Sarana AMF Tingkatkan Penghidupan Berkelanjutan Masyarakat Petani Terdampak Rantau Dedap

  • by

AMF, bersama mitra PT Supreme Energy Rantau Dedap, juga berupaya membangun penghidupan berkelanjutan pada masyarakat terdampak Pembangunan PLT Panas Bumi Rantau Dedap berdasarkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. AMF dan Supreme dalam rangka pengembangan kopi membangun demplot untuk masyarakat terdampak Rantau Dedap. Demplot atau Demonstration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan. Hal ini bertujuan agar petani bisa melihat dan mempraktikkan secara langsung teknik penanaman yang didemonstrasikan.

Demplot yang dibangun adalah percontohan perkebunan kopi organik bagi para masyarakat petani terdampak di Rantau Dedap. Pada demplot tersebut ditanami bibit kopi jenis Arabika.

Kegiatan yang dilakukan di area Demplot Rantau Dedap ini hampir sama dengan yang dilakukan di APPT (Area Percontohan Pertanian Terpadu) Muara Laboh, antara lain pemupukan kebun dengan pupuk organik kompos yang dibuat sendiri, pembibitan, dan penyemaian kopi organik. Pembuatan pupuk kompos di lahan percontohan ini cukup produktif. Kompos tersebut nantinya akan digunakan untuk pemupukan kopi arabika yang sedang berada pada tahap pembibitan. Sisanya, digunakan untuk memupuk lahan kebun kopi percontohan.

Demplot ini diharapkan akan dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat petani terdampak di Rantau Dedap. Selain itu, demplot ini mengajarkan petani kopi untuk dapat mandiri pupuk, tidak bergantung pada pupuk buatan. Pada Musim panen Agustus—Oktober 2020, petani kopi yang dibina oleh AMF telah mendapatkan penghasilan mencapai puluhan juta rupiah dari hasil merawat kebun kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *