AMF Turut Kembangkan UMKM Masyarakat Terdampak Muara Laboh

Masyarakat terdampak adalah pihak yang terlibat atau terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung atas aktivitas perusahaan.

 (28/12/2020) Jumlah pelaku UMKM di Indonesia sangat besar dan berpotensi untuk dikembangkan. Walaupun dalam skala mikro, UMKM harus tetap didorong untuk terus berkembang karena kehadiran UMKM dapat menjadi salah satu mesin penggerak perekonomian nasional. Oleh karena itu, selain berfokus pada pengembangan sektor pertanian, AMF dan PT Supreme Energy turut mengupayakan pengembangan UMKM pada masyarakat terdampak di Muara Laboh. Beragam usaha yang dibina dan dijalankan oleh masyarakat Muara Laboh, di antaranya adalah usaha warung, tani, ternak, laundry,danbordir. Daerah binaan AMF di Muara Laboh meliputi Lubuk Gadang Utara, Kampung Baru, Taratak Tinggi Pekonina, dan Blok Nol. Ragam usaha selain bidang pertanian yang hingga saat ini masih berjalan adalah usaha warung milik warga Kampung Baru Pekonina, usaha laundry, bordir, dan ternak ayam serta kambing.

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdampak Muara Laboh, AMF bersama mitra menciptakan program restorasi mata pencaharian (Livelihood Restoration Program/LRP). Melalui program ini, AMF beserta mitra berfokus dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat terdampak Muara Laboh. Pemantauan terus dilakukan setiap minggu untuk melihat perkembangan dan mengevaluasi serta memberi solusi selama pembinaan berjalan. Hal ini merupakan wujud komitmen AMF dalam memajukan sebagian dari pelaku UMKM Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top