Pendekatan Pembangunan Sosial merupakan suatu proses perubahan sosial yang terencana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara utuh yang saling melengkapi dengan pembangunan ekonomi.

Perubahan sosial adalah sebuah keniscayaan yang akan terus terjadi seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Agar berkembang kearah yang positif, perubahan sosial ini haruslah diarahkan secara terencana sehingga men-jadi bagian yang tak terpisahkan dari pem-bangunan sosial di masyarakat.

Pembangunan sosial sangat terkait dengan pembangunan ekonomi secara keseluruhan. Bedanya adalah bahwa pembangunan sosial mencoba untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat ketimbang hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi. Karena itu, pembangunan sosial biasanya mempunyai fokus yang kuat pada upaya pengentasan kemiskinan, akses kesehatan, pelayanan pendidikan serta pembangunan ekonomi untuk sektor informal. Di Indonesia, upaya untuk memperkuat pembangunan sosial sudah dilakukan oleh banyak pihak selama satu dekade terakhir ini. Tujuan akhir dari pembangunan sosial adalah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masya-rakat. Selain pembangunan sosial sebagai strategi terencana dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, upaya untuk mening-katkan kesejahteraan sosial juga dilakukan oleh banyak kalangan dalam berbagai pendekatan dan strategi, antara lain:

  1. Pendekatan Filantropi Sosial, terkait den-gan upaya peningkatan kesejahteraan sosial. masyarakat melalui kegiatan-kegiatan amal (charity), menyumbang uang dalam bentuk sadaqah, infaq dan waqaf, CSR (Corporate Social Responsibility) serta berbagai bentuk filantropi lainnya.
  2. Pendekatan Pekerjaan Sosial, yakni se-buah pendekatan yang terorganisir untuk mempromosikan kesejahteraan sosial dengan menggunakan tenaga profesional untuk mendukung filantropi sosial.
  3. Pendekatan Administrasi Sosial, yaitu upaya mempromosikan dan memperkuat kesejahteraan sosial melalui penciptaan program sosial dan berbagai layanan sosial oleh pemerintah. Pendekatan Pembangunan Sosial, seperti yang sudah dijelaskan di atas, merupakan suatu proses perubahan sosial yang terencana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara utuh yang saling melengkapi dengan pembangunan ekonomi.

Anwar  Muhammad  Foundation (AMF) da-lam upaya untuk membantu proses pening-katan kesejahteraan sosial masyarakat, menggunakan keempat pendekatan di atas sesuai kebutuhan dan kapasitas yang dimiliki oleh AMF saat ini dan di masa yang akan datang. Mengingat isu kesejahteraan sosial terkait erat dengan kemajuan sebuah bangsa, maka AMF akan terus berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia di masa yang akan datang.

Program Strategis AMF

Pendekatan Pembangunan Sosial adalah proses perubahan sosial yang direncanakan untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat sebagai pelengkap keseluruhan dengan pembangunan ekonomi.Perubahan sosial adalah kebutuhan yang terjadi seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Perubahan sosial ini harus diarahkan secara terencana sehingga menjadi bagian integral dari pembangunan sosial di masyarakat.

Pembangunan sosial terkait erat dengan perkembangan ekonomi secara keseluruhan. Perbedaannya adalah bahwa pembangunan sosial mencoba untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh komunitas daripada hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pembangunan sosial biasanya memiliki fokus yang kuat pada pengentasan kemiskinan , peningkatan akses terhadap kesehatan, layanan pendidikan dan pengembangan sektor ekonomi informal. Di Indonesia, upaya untuk memperkuat pembangunan sosial telah dilakukan oleh semua pihak selama beberapa dekade terakhir.

Selain peningkatan kesejahteraan sosial, pembangunan sosial juga sebagai strategi yang disengaja untuk meningkatkan kesejahteraan sosial melalui kolaborasi dan kemitraan pihak-pihak terkait dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi, antara lain:

  1. Pendekatan filantropi, terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat melalui kegiatan amal, CSR (Corporate Social Responsibility) dan berbagai bentuk filantropi lainnya.
  2. Pendekatan kerja sosial, yang merupakan pendekatan terorganisir untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menggunakan para profesional untuk mendukung program filantropi.
  3. Pendekatan administrasi sosial, yaitu upaya mempromosikan dan memperkuat kesejahteraan melalui penciptaan program dan layanan sosial. Pendekatan pembangunan sosial, seperti yang telah dijelaskan di atas, adalah proses perubahan sosial yang direncanakan untuk meningkatkan kehidupan seluruh masyarakat, dan yang melengkapi pembangunan ekonomi.

Yayasan Anwar Muhammad (AMF) menggunakan empat pendekatan pembangunan sosial di atas sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas dari AMF untuk saat ini dan di masa depan. Mempertimbangkan bahwa masalah kesejahteraan sosial terkait erat dengan kemajuan suatu bangsa, AMF akan terus berkomitmen untuk melakukan upaya guna meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia di masa depan.

Galery work

Trevor Williams Jersey 
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish